Custom Search

Kamis, 26 Juni 2008

Menginstall VMWare di Ubuntu 5.10 Breezy Badger

Mungkin memang menyulitkan bagi kita para pemula yang bener-bener belum bisa bermigrasi sepenuhnya ke Linux. Tapi mudah-mudahan dengan adanya uBuntu kita semua jadi terbantu untuk semua aplikasi yang open.

Berikut saya coba memberikan guide bagi para pemula agar dapat menggunakan Windows atau OS lainnya di dalam UBuntu 5.10 atau bisa dicoba ke versi sebelumnya. Aplikasi yang digunakan memang tidak gratis alias bayar, nama Aplikasinya Virtual Machine. Dengan aplikasi ini seolah-olah ada komputer didalam komputer kita.

Virtual Machine ini sangat diperlukan jika kita membutuhkan aplikasi windows yang memang tidak bisa jalan normal di distro linux, atau jika kita sebagai developer yang memerlukan banyak OS untuk menguji coba aplikasi yang dibuat.

Jika kita menggunakan Mandriva, Fedora Core atau Suse mungkin sangat mudah menginstall VMWare, cukup dengan mendownload paket RPM dan tinggal menjalankan maka VMWare otomatis terinstall dan langsung dapat digunakan. Hanya saja untuk Ubuntu maupun Debian, tidak ada paket .Deb untuk VMware, tetapi jangan takut karena Ada paket lain yang bisa kita gunakan. Mudah-mudahan dengan mengikuti prosedur-prosedur berikut dapat membantu kita semua.

Berikut tahapan satu persatu hingga selesai :
1. Install paket Build Essential dengan mengggukan synaptic atau perintah berikut :
#apt-get install build-essential

2. Berikutnya install paket kernel header :
#apt-get install linux-headers-’versi kernel yang anda gunakan’
contoh : #apt-get install linux-headers-2.6.12-10-386

3. Ubuntu 5.10 secara default akan menginstall paket gcc 4.0, sedangkan Ubuntu di compile dengan menggunakan gcc versi 3.4.5, oleh karena itu kita harus menginstall paket gcc-3.4 dengan menggunakan perintah :
#apt-get install gcc-3.4

4. Kemudian install paket g++-3.4 dengan menggunakan perintah :
#apt-get install g++-3.4

5. Agar pada tahap installasi yang digunakan adalah gcc-3.4 maka perlu menambahkan perintah ;
#export CC=/usr/bin/gcc-3.4

5. Jika ke-4 langkah diatas sudah berhasil dilakukan maka berikutnya adalah download paket installasi VmWare yang berupa file tar.gz (source) di official websitenya (http://www.vmware.com). Jika sudah selesai lakukan perintah berikut :

#tar xvzf VMware-workstation-5.0.0-13124.tar.gz
#cd vmware-distrib
#./vmware-install.pl

ikuti langkah-langkahnya secara default dan ikuti sampai selesai, dan jika muncul pesan untuk menjalankan (vmware-config.pl), maka anda pilih no. Kemudian anda download patch yang dibuat khusus utk Vmware pada website (http://platan.vc.cvut.cz/ftp/pub/vmware/vmware-any-any-update96.tar.gz). Download file tersebut kemudian ekstrak dan jalankan melalui command perintah berikut :
#./runme.pl

Maka akan secara otomatis akan melanjutkan konfigurasi VmWare yang telah terinstall, dan proses installasi VMware telah selesai dilakukan. Untuk menjalankannya dengan menggunakan command :
#vmware

Atau dapat melalui menu Application –> System Tools –> VMware Wokrstation

Based from http://wiki.ubuntu.com
Selamat bereksperimen,

Dukungan Sponsor