Custom Search

Kamis, 12 Juni 2008

Berbekal Komponen PS3, Komputer Petaflop IBM Makin Bertenaga


IBM Blue Gene (ist.)

Berbekal komponen yang digunakan untuk mengembangkan konsol video game PlayStation, IBM sukses menciptakan sebuah superkomputer tercepat di dunia, yang beroperasi pada tingkat petaflop.

Tak tanggung-tanggung, superkomputer yang diberi nama Roadrunner ini memiliki kemampuan memproses operasi/hitungan pada tingkat 1000 triliun per detik, atau yang disebut petaflop.

Roadrunner diklaim memiliki kecepatan dua kali lebih cepat daripada sistem Blue Gene yang juga merupakan besutan IBM, dan selama ini dinobatkan sebagai superkomputer paling bertenaga di dunia.

Superkomputer yang satu ini dibangun dengan menggunakan hampir 7 ribu prosessor dual core AMD, serta hampir 13 ribu prosessor Cell besutan IBM, Toshiba, dan Sony Computer Entertainment yang digunakan untuk Playstation 3 (PS3). Cell tersebut mengkombinasikan seperangkat perintah Power Architecture dengan coprosesor untuk meningkatkan proses penghitungan.

Mesin senilai USD 133 juta (sekitar Rp 1,2 triliun) ini nantinya akan digunakan Departemen Energi Amerika Serikat (AS) untuk memantau persediaan senjata nuklir AS tanpa perlu ada tes nuklir bawah tanah. Selain itu juga digunakan untuk memecahkan berbagai persoalan militer.

Pihak Departemen Energi memberikan gambaran tentang kekuatan yang dimiliki Roadrunner. Mesin ini diklaim mampu menyelesaikan suatu hitungan dalam satu hari. Perhitungan tersebut akan memakan waktu selama 46 tahun jika setiap orang di dunia menggunakan mesin kalkulator untuk menyelesaikannya.

Sebelum digunakan untuk memverifikasi persediaan nuklir, mesin canggih ini akan digunakan untuk mengeksplorasi permasalahan alam, seperti perubahan iklim.


Dukungan Sponsor