Custom Search

Selasa, 03 Juni 2008

Menginstal mozila firefox di Linux

pada judul artikel ini tentang pengalaman saya dalam menginstal pack-pack aplikasi di linux seperti menginstall mozilla firefox, mozilla thunderbird aplikasi lainnya. Pada saat melakukan penginstalan saya menggunakan linux distro kubuntu. Saat terkoneksi dengan jaringan internet niat pertama kali yang saya lakukan adalah ingin sekali chating menggunakan Yahoo messengger, Berhubung menggunakan linux pastinya menggunakan Gaim, saya langsung menuju menu add and remove program dan mulai melakukan penginstalan pack aplikasi bawaan kubuntu. Pokoknya prosesnya persis sama yang dilakukan pada saat kita menginstal windows component di OS Windows, bedanya hanyalah kita perlu mendownload pack gaim dari internet. Proses penginstalan langsung berjalan otomatis tanpa ditunggu dan setelah selesai penginstalan Aplikasi siap digunakan.


Melanjutkan niat berinternet yang kedua adalah niat untuk browsing, saya langsung membuka kongueror web browser bawaan kubuntu. Tetapi saya sedikit kecewa karena browser ini tidak dapat menjalankan aplikasi web berbasis AJAX dan tidak dapat menampilkan Flash player, apalagi download file dari Mega upload. Disini letak bingungnya, dan terpikir kenapa tidak install mozila firefox saja.


Untungnya ada bantuan dari salah seorang senior yang memberitahu bagaimana menginstall aplikasi-aplikasi di linux dengan cara yang benar dan efektif, pastinya dengan menggunakan konsole.
Adapun langkah-langkah penginstallan mozilla firefox di linux adalah sebagai berikut:

Jalankan konsole anda dan ketikkan perintah berikut:
~$ sudo apt-get update
~$ sudo apt-get install mozilla-firefox

sudah tinggal menunggu mendownload pack mozilla firefoxnya dan aplikasi siap dijalankan.

Dukungan Sponsor