Custom Search

Kamis, 07 Agustus 2008

doWnlOad Mereka BilanG saya MOnyEt!

Di latar belakangi oleh realitas yang memprihatinkan mengenai tingginya angka tindak kekerasan terhadap perempuan dan anak–anak, disertai minimnya edukasi masyarakat terhadap hak asasi yang sebenarnya dimiliki secara individu, INTIMASI PRODUCTIONS mempersembahkan film berjudul “Mereka Bilang, Saya Monyet!”, sebuah karya Djenar Maesa Ayu. Film ini diadaptasi dari dua cerita pendek dalam buku kumpulan cerpen Mereka Bilang, Saya Monyet!, yaitu Lintah dan Melukis Jendela, yang juga karya Djenar Maesa Ayu.

Film ini berkisah mengenai kehidupan seorang wanita dewasa bernama Adjeng, mencoba bergulat dengan segala aspek kehidupan yang menerpanya. Beranjak dari masa lalu yang kelam, ia memilih profesi sebagai penulis. Segala cara di tempuh Adjeng untuk memuluskan karirnya. Pelecehan yang sering diterima Adjeng semasa kecil dan perlakuan orang tua yang kurang layak membentuk karakter Adjeng dewasa jadi mendua. Di satu sisi, ia bersikap sangat agresif ketika sedang bersama teman–teman dan kekasihnya, namun di sisi lain ia terlihat begitu pasif di depan ibunya.

Kemampuan Djenar Maesa Ayu dan Indra Herlambang dalam bercerita patut diberi acungan jempol disini. Sebagai layaknya film yang mengangkat genre drama sebagai gambaran kehidupan yang memang kerap dialami sebagian orang. Namun, amat disayangkan, dalam film ini Djenar sebagai sutradara kurang memberikan sensitifitas yang dapat membuat film jadi lebih bergairah. Alur cerita terasa monoton dan ditambah sinematografi pada film yang terkesan sangat sederhana.

Menurut catatan saya, Titi Sjuman sebagai Adjeng dewasa, Henidar Amroe sebagai ibu atau mommy Adjeng, dan Ray Sahetapy yang memerankan kekasih sekaligus mentor menulis Adjeng dapat bermain maksimal. Namun, secara umum performa dari para pemain dalam film ini terlihat cukup baik, dan dapat memenuhi tuntutan peran.

Pemilihan judul Mereka Bilang, Saya Monyet! dalam film ini terasa kurang merepresentasikan ceritanya sendiri. Walaupun begitu, sebagai hiburan, Mereka Bilang, Saya Monyet! memberi banyak pesan moral dan dapat menjadi salah satu alternatif tontonan bagi masyarakat.

download


Dukungan Sponsor